A.      Uraian Konsep          
“ Sistem Penyusun Tata Surya ”
Standar Kompetansi              9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya.
Kompetensi dasar             :      9.1. Mendeksripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya.
Tujuan                                   Melalui alat peraga, siswa diharapkan dapat menyebutkan urutan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya.
B.      Rincian Materi
Materi : “Sistem Tata Surya”
           Dalam tata surya ada 8 planet, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Planet dikelompokkan menjadi 2 yaitu planet dalam dan planet luar.
           Planet dalam adalah planet yang berada dekat dengan matahari. Ada 4 planet yang tergolong planet dalam, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Planet dalam berukuran kecil dan permukaannya tersusun atas bebatuan.
           Planet luar terdiri atas Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Ukuran planet luar lebih besar daripada planet dalam. Planet luar tersusun dari gas dan keadaannya sangat dingin karena jauh dari matahari.
           Dengan menggunakan alat sederhana sistem tata surya, siswa dapat mengetahui urutan planet-planet dari yang terdekat sampai yang terjauh dari matahari. Selain itu siswa juga dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai ukuran-ukuran planet dalam tata surya, karena alat sederhana dibuat dengan menggunakan perbandingan berdasarkan ukuran planet sesungguhnya.

C.      Alat dan bahan:
Alat :
ü  Pisau cutter
ü  Gunting
Bahan :
ü  Gabus
ü  Kertas marmer
ü  Tripleks / Kertas Asturo ukuran 60 x 20 cm
ü  Selotip
ü  Gambar Planet- planet dengan ukuran tertentu.
D.      Cara membuat:
1.       Potong gabus sebagai dudukan sistem tata surya dibungkus/ dilapisi permukaannya dengan kertas marmer
2.      Bentuk planet dan matahari dengan menggunakan gabus berdasarkan diameter gambar planet
3.       Tempel gambar planet pada bentukan gabus yang di bentuk sebelumnya.
4.      Rekatkan bagian planet- planet tersebut beserta matahari pada bidang tripleks yang telah ditutupi gabus tadi.
5.       Susunlah matahari dan planet-planet berdasarkan sistem tata surya yang tepat
6.       Sediakan gabus yang ditempeli dengan nama-nama planet serta diberikan perekat pada gabus.
E.      Cara Kerja/ Langkah Pembelajaran
1.       Setelah penyampaian materi, guru memerintahkan siswa untuk menyebutkan bagian penyusun tata surya dengan menempelkan nama yang tercantum pada gabus yang telah di bentuk pada gambar planet yang sesuai dengan nama planetnya
2.   Siswa menyebutkan dan mengurutkan nama-nama planet mulai dari planet yang terdekat dengan matahari sampai planet yang terjauh dari matahar berdasarkan alat peraga.


Diposting oleh: Bambang Febriono

Komentar

Posting Komentar